Hingga Tahun 2015, Kuota Haji Bantul Penuh

Written By Imam Bukhori on Jumat, 13 Agustus 2010 | 16.23

Ilustrasi. (Foto : Dok)

BANTUL (KRjogja.com) - Hingga tahun 2015, kuota haji untuk Kabupaten Bantul dipastikan sudah penuh. Calon haji yang sudah masuk dalam daftar tunggu sebanyak sekitar 5.000 orang, bahkan ada pula calon haji yang telah mendaftar sejak 2008.

"Dengan demikian calon haji yang mendaftar pada tahun ini harus menunggu pemberangkatan selama lima tahun ke depan," kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh Bantul, Nadhif di Bantul, Jumat (13/8).

Setiap tahun, tambahnya, Bantul diberi kesempatan memberangkatkan calon haji ke tanah suci sebanyak 800 hingga 850 orang. “Sehingga untuk calon haji pada urutan terakhir dipastikan akan berangkat paling dekat pada 2015," katanya.

Nadhif mengatakan, situasi ini memang secara otomatis terjadi dari tahun ke tahun apalagi jumlah yang mendaftar untuk melaksanakan ibadah haji semakin banyak, tidak sebanding dengan yang diberangkatkan tiap tahun. Lebih lanjut, kata dia Bantul tahun ini memperoleh kesempatan untuk memberangkatkan calon haji sebanyak 868 orang. Jumlah itu untuk memenuhi kuota dari provinsi DIY sebanyak 3.068 orang.

"Sebanyak 868 orang itu di beri kesempatan untuk melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) yang dijadwalkan pada 3 agustus hingga 31 agustus, dan direncanakan akan diberangkatkan mulai Oktober mendatang," katanya.

Menurut dia, jadwal keberangkatan haji ke tanah suci tahun ini melalui emberkasi Solo yang dijadwalkan dalam dua kelompok terbang (kloter), yakni kolter pertama mulai 11 Oktober, kloter kedua mulai 27 oktober. "Untuk calon haji dari Bantul masih belum dipastikan akan masuk dalam kloter pertama atau kedua, karena masih menunggu keputusan pusat," katanya. Nadhif mengatakan, besaran BPIH tahun ini mengalami penurunan sebesar 80 dolar dibanding tahun lalu. BPIH tahun ini 2.327 dolar AS sedangkan tahun lalu sebesar 2.407 dolar AS. (Ant/Van)

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
berita unik