Polda DIY Sambut Kedatangan Kapolda Baru

Upacara Pedang Pora penyambutan Kapolda DIY yang baru. (Foto : Ardhi Wahdan)
SLEMAN (KRjogja.com) - Polda DIY menggelar prosesi Pedang Pora menyambut kedatangan Kapolda DIY yang baru, Brigjen Drs Odang Sutarsa BS menggantikan pejabat lama, Brigjen Sunaryono di Mapolda DIY, Selasa (24/8). Prosesi ini merupakan bentuk upacara penghormatan setiap kali ada pergantian tampuk pimpinan di jajaran Kepolisian.
Dalam upacara Pedang Pora ini, Ondang Sutarsa didampingi istri berjalan dari pintu masuk Mapolda DIY yang disambut para perwira Polisi yang menyilakan pedang. Diikuti dibelakangnya, Kapolda DIY lama, Brigjend Sunaryono beserta istri yang sebelumnya melakukan prosesi pemberian rangkaian bunga kepada Ondang Sutarsa beserta istri.
Usai, menggelar upacara Pedang Pora penyambutan, Onang Sutarsa langsung memimpin rapat internal, yakni laporan satuan yang disusul kemudian dengan memimpin rapat paripurna Bhayangkari serta Sertijab Ibu Asuh Polwan di gedung serbaguna Mapolda DIY.
Kabid Humas Polda DIY, AKBP Anny Pudjiastuti mengatakan, upacara Pedang Pora ini hanya diikuti oleh ratusan anggota saja. "Ini baru penyambutan saja. Besok (Rabu, 25/8) seluruh jajaran Poldai DIY akan ikut dalam puncak sertijab. Ada sekitar tujuh ribu personel yang akan hadir," jelasnya disela.
Dalam sertijab besok, upacara akan diawali dengan parade yang dilanjutkan dengan prosesi Pedang Pora perpisahan. Malam harinya, pukul 20.30 WIB diadakan pisah sambut Kapolda DIY lama dengan Kapolda DIY baru.
Usai menjabat sebagai Kapodal DIY, Sunaryono akan promosi Bintang II sebagai Tenaga Ahli Pengkajian di Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) RI. Sedangkan Ondang, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Pengendalian Personil (Karodalpers) Mabes Polri. (Dhi)

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Artikel Terkait:

Silahkan Kunjungi Blog Kami Yang Lainnya

Klik Gambar di bawah ini

0 comments

Tulis Komentar Anda Di Bawah Ini