Polres Kulonprogo Tindak Anggota Langgar Hukum

Kapolres Kulonprogo memimpin sertijab jajaran polres setempat (Foto : Asrul Sani)

KULONPROGO (KRjogja.com) - Jajaran Polres Kulonprogo tidak pandang bulu menindak anggotanya yang melanggar hukum atau terlibat perbuatan pidana seperti yang dilakukan kepada masyarakat umum demi penegakkan hukum.

"Kami tidak ingin ada anggapan personil Polres Kulonprogo kebal hukum. Untuk membuktikan itu kami melanjutkan proses hukum terhadap sembilan oknum Polres Kulonprogo yang tidak mentaati peraturan lalu lintas ketika terjaring Operasi Patuh Progo 2010 lalu," kata Kapolres Kulonprogo AKBP Darmanto ketika dimintai tanggapannya terkait disidangkannya 9 personil Polres Kulonprogo di Pengadilan Negeri (PN) Wates, Selasa (10/8).

Sebagai informasi dari sembilan personil polres yang disidang dengan hakim tunggal Erni Aprilia kemarin, tiga diantaranya bertugas di lingkungan Polres Kulonprogo. Sedangkan, empat anggota lainnya bertugas di Polsek Kalibawang dan 2 personel lagi merupakan anggota Polsek Nanggulan.

Kesembilan anggota polres itu melanggar Pasal 285 dan 288 Undang-Undang Lalu Lintas, spion kendaraan tidak lengkap dan tidak membawa SIM serta STNK. Dan, dengan dikawal anggota Provost menyerahkan uang denda beragam Rp 25-30.000 ditambah biaya perkara Rp 1.000. Pembayaran denda dilakukan lewat petugas dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Wates RR Pramadisa SM dan Sisilia P.

Sementara itu, Kapolres melakukan serah terima jabatan (sertijab) Wakapolres Kompol Pitoyo Agung Yuwono, Kasatlantas AKP Vero Arya Ratmantio, Kapolsek Wates AKP Ris Surpiyanto, dan Kapolsek Samigaluh AKP Agus Nuryanto.

"Untuk Wakapolres Kulonprogo dijabat Kompol Aap Sinwan Yasin yang sebelumnya bertugas di Dirlantas Polda DIY. Sedangkan Kasatlantas AKP Setyo Heri Purnomo dari Poltabes Yogyakarta dan Kapolsek Wates dijabat AKP Agus Nuryanto yang sebelumnya Kapolsek Samigaluh. Sementara Kapolsek Samigaluh dijabat AKP Mulyono yang dimutasi dari Polda DIY," ungkap Darmanto didampingi Kabag Binamitra Kompol Tri Heri dan KBO Sat Lantas Ipda Sutarno. (Rul)

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Artikel Terkait:

Silahkan Kunjungi Blog Kami Yang Lainnya

Klik Gambar di bawah ini

0 comments

Tulis Komentar Anda Di Bawah Ini