Jabatan Presiden Diperpanjang, Mustahil

Amin Rais. (Foto : Dok)
YOGYA (KRjogja.com) - Mantan Ketua Umum MPR RI Amien Rais beranggapan, wacana perpanjangan masa jabatan presiden RI menjadi 3 periode merupakan usulan yang sangat mustahil untuk dilaksanakan. Hal tersebut bahkan diakui justru akan menjadi pemicu munculnya kontroversi dan pertentangan dari masyarakat.
"Usulan jabatan presiden sampai 3 periode tersebut kalau saya melihatnya justru akan ditentang keras oleh banyak masyarakat. Ini malah menjadi hal yang mustahil," ujarnya usai mengisi kuliah umum di hadapan ratusan mahasiswa baru jurusan Hubungan Internasional, Fisipol UGM, di gedung Pascasarjana Fisipol UGM, Sabtu (21/8).
Menurutnya, gagasan untuk perpanjangan masa jabatan presiden tersebut hingga kini masih dipertanyakan. Ia sendiri mengaku tak pernah mengetahui dari mana munculnya ide untuk perpanjangan masa jabatan.
"Saya sendiri tidak tahu asal muasalnya ide itu. Hanya saja saya menilai hal itu dilakukan sebagai uji coba atau tes kepada rakyat Indonesia apakah akan menolak atau menerima. Jika rakyat diam bisa saja itu nanti berlanjut di sidang umum MPR untuk mengganti pasal mengenai perpanjangan masa jabatan Presiden," katanya.
Disinggung mengenai adanya anggapan usulan tersebut diutarakan dari salah satu kader Partai Demokrat, Amien justru menganggapnya sebagai hal yang aneh. Pasalnya justru bantahannya juga berasal dari petinggi partai itu.
"Saya jadi yakin rakyat akan menolak dan usulan itu akan menjadi mentah. Saya sudah beberapa kali ikut serta dalam amandemen UUD 1945 hingga amandemen ke-4. Sepertinya ini akan sulit untuk diwujudkan, terlabih jika rakyat menolak,” imbuhnya. (Ran)

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Artikel Terkait:

Silahkan Kunjungi Blog Kami Yang Lainnya

Klik Gambar di bawah ini

0 comments

Tulis Komentar Anda Di Bawah Ini