Polisi Kalimantan Barat Dites Narkoba

VIVAnews - Sebanyak 623 anggota Kepolisian Daerah Kalimantan Barat menjalani tes urine. Tes ini dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh peredaran narkoba di tubuh Polda Kalimantan Barat.

"Pemberantasan narkoba itu harus dimulai dari aparatnya itu sendiri, ya dalam hal ini polisi juga lah salah satunya. Bagaimana mau menegakkan hukum dan memberantas peredaran narkoba, jika penegak hukumnya juga bermain?" kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polda Kalimantan Barat, AKBP Mukson Munandar, di Pontianak, Senin 16 April 2012.

Mukson mengakui, memang peredaran semua jenis narkoba di wilayah ini sangat rawan. Dia menilai, mudahnya akses dan lemahnya pengawasan di titik perbatasan RI-Malaysia hal itu yang menjadi permasalahan saat ini di Kalimantan Barat.

"Ini juga yang menjadi kendala kami saat ini, karena beberapa terungkap, narkoba yang masuk ke Kalimantan Barat ini dari luar negeri, Malaysia. Aneh juga memang, kenapa bisa masuk? Yang namanya di perbatasan itu semua instansi ada, tak tahulah macam mana di sana, kok barang haram tersebut mudah sekali masuk ke Indonesia dari Malaysia," kata Mukson.

Mukson tidak menampik adanya salah satu anggota Polresta Pontianak, Kalimantan Barat, berinisial MD ditangkap Badan Narkotika Provinsi (BNP) Kalimantan Barat pada Rabu malam, 21 Maret 2012. Oknum Polda itu ditangkap di salah satu hotel di Pontianak karena diduga terlibat penggunaan narkoba.

"Kami tidak menutup-nutupi yang terlibat penggunaan narkoba. Untuk kasusnya sekarang ini tahap proses lah. Jika benar MD terbukti, maka sanksi tegas akan menantinya. Kita tunggu itu lah," ujarnya.

Mukson menambahkan, saat ini total keseluruhan anggota Polda Kalbar berjumlah 1.335 orang. Pihaknya mengakui masih ada sejumlah anggota yang belum menjalani tes urine hari ini dan akan diminta melakukan tes pada tahapan berikutnya. "Nanti akan ada tahapan kedua lah mereka melakukan tes urine," ujarnya.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Artikel Terkait:

Silahkan Kunjungi Blog Kami Yang Lainnya

Klik Gambar di bawah ini

0 comments

Tulis Komentar Anda Di Bawah Ini