Masjid Kagungan Dalem Bagikan Daging Buat Abdi Dalem

Pemotongan hewan kurban di masjid Rotowijayan. (Foto: Deni H)
YOGYA (KRjogja.com) - Masjid Kagungan Dalem Rotowijayan Yogyakarta pagi ini melakukan penyembelihan tujuh ekor sapi dan 13 ekor kambing kurban. Daging kurban juga akan dibagikan kepada para abdi dalem Kraton Yogyakarta.

"Jatah untuk pada abdi dalem ada sekitar 230 bungkus daging kurban. Tiap tahun kami memang melakukan seperti itu. Sisanya dibagikan kepada warga sekitar, yakni 700 warga, dan juga pengungsi Merapi," ujar Kliwon Mangkuprayitno, sekretaris takmir masjid.

Ia menambahkan, Sultan Hamengku Buwono X atas nama pribadi / keluarga menyumbang satu ekor sapi dan satu ekor kambing di masjid ini. Sementara, kerabat keraton lain, yakni GKR Maduretno dan KGBH Hadiwinoto masing-masing juga menyumbang satu ekor sapi.

"Untuk sultan, beliau adalah penyumbang tetap disini, dari dulu. Minimal satu ekor kambing, beliau pasti menyumbang kesini. Selain disini, Ngarsa dalem juga menyumbang hewan kurban ke Masjid Gedhe Kauman dan Masjid Syuhada Kotabaru," terangnya.

Ia memperkirakan, masing-masing kantong bungkusan kurban akan berisi daging sebesar sekitar enam ons. Setelah dibagikan untuk warga dan abdi dalem, menurutnya daging akan disumbangkan ke para pengungsi Merapi di daerah Bantul.

" Bentuk sumbangan untuk para pengungsi bukan berupa daging mentah, namun sudah dimasak matang, ditambah nasi. Jadi bentuknya nasi bungkus, dengan lauk daging," imbuh Kliwon. (Den)

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Artikel Terkait:

Silahkan Kunjungi Blog Kami Yang Lainnya

Klik Gambar di bawah ini

0 comments

Tulis Komentar Anda Di Bawah Ini