Gempa Bantul

  Sejumlah Bangunan Rusak Ringan, Pasien Rumah Sakit Berhamburan
Suasana di RS Panembahan Senopati Bantul setelah gempa terjadi. (Foto: Sukro Riyadi)
BANTUL (KRjogja.com) - Hampir semua warga Bantul berhamburan keluar rumah setelah terjadi merasakan guncangan gempa bumi petang tadi. Mereka berusaha menyelamatkan diri dengan menjauhi bangunan  tinggi, dan berkumpul di area  tanah lapang. Sejumlah rumah di  wilayah Bantul Timur dan tempat peribadatan dilaporkan mengalami kerusakan, banyak genteng rontok. Seperti yang terjadi di Masjid  Baitul Mualafah Kembang songo Trimulyo Jetis  Bantul.

Sedang ratusan pasien di Rumah Sakit Penembahan Senopati Bantul berhamburan keluar setelah terjadi goncangan yang cukup keras. Mereka lebih memilih berada di luar rumah sakit.  Sumarjo (40) mengatakan, goncangan yang terjadi cukup keras. Sehingga gelas yang berada di atas meja terjatuh ke lantai. Ia dan anaknya yang sedang dirawat di lantai dua langsung berusaha turun. “Saya takut sekali, goncangan sangat terasa, termasuk gelas di atas meja juga terjatuh,” ujarnya di halaman Rumah Sakit Panembahan Senopati Bantul, Sabtu  (21/8).

Warwanto,petugas keamanan rumah sakit mengatakan, ketika gempa terjadi hampir semua pasien berhamburan keluar ruangan.  “Semua berusaha keluar ruangan, itu yang sempat menyulitkan kami memberikan pertolongan pasien yang tidak bisa  jalan,” ujarnya. Sedang rumah Masud Fahlafi(29) warga Giriloyo Imogiri mengalamikerusakan cukup parah setelah genteng rumahnya rontok. Tidak hanya itu dinding bagian dapur juga mengalami retak-retak. Hal sama terjadi di rumah  H Wajiman, genteng rumahnya berjatuhan. Namun tidak ada korban jiwa atau masyarakat yang terluka.

Sementara  di Kecamatan Dlingo, ribuan warga berhamburan keluar rumah.  Eko warga Banyu Urip Jati Mulyo Dlingo menjelaskan, dampak dari  goncangan itu, semua warga didesanya berhamburan  keluar rumah.  Bahkan hingga 22.00, warga enggan masuk rumah. “Warga  masih trauma dengan kejadian serupa empattahun lalu, makanya  mereka lebih memilih di luar rumah,” ujar Eko.
Sebuah rumah di  Jalan Imogiri Barat Jetis juga dilaporkan mengalami kerusakan akibat tembok yang runtuh. (R-5)

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Artikel Terkait:

Silahkan Kunjungi Blog Kami Yang Lainnya

Klik Gambar di bawah ini

0 comments

Tulis Komentar Anda Di Bawah Ini