Tiap Minggu Dinsosnakertrans Gunungkidul Kucurkan Rp 12 Juta Untuk Droping Air

Ilustrasi. (Foto : Dok)
WONOSARI (KRjogja.com) - Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) memprediksikan puncak musim kemarau di Gunungkidul akan terjadi pada Oktober mendatang. Bahkan untuk mengatasi kesulitan air, memasuki minggu ketiga Agustus droping air mulai digencarkan.
“Saat ini tahapan pertama droping mulai, Senin (16/8) hingga Sabtu (21/8). Dinas juga memback up kecamatan yang tidak mampu melayani kebutuhan di lapangan,” kata Irfan Ratmadi Kasi Bantuan Jaminan Sosial Dinsosnakertrans di Wonosari, Jumat (20/8).
Dijelaskan, Dinsosnakertrans tiap minggu mengeluarkan anggaran Rp 12. 829.000. Sedangkan kecamatan juga memiliki anggaran sendiri. Warga penerima droping air tinggal di tujuh kecamatan yakni Girisubo, Semin, Nglipar, Tepus, Tanjungsari, Rongkop dan Ngawen. Jumlah keseluruhannya terdapat di 28 desa terdiri 141 pedukuhan sebanyak 11.160 KK dan terbagi 39.324 jiwa.
Dikatakannya, tiap tahapan atau perminggunya dialokasikan di 141 titik. Dengan adanya armada tangki mobil di kecamatan serta dukungan dinas, diharapkan pelaksanaan dorping air bisa berjalan dengan lancar. Prediksi kemarau masih akan terjadi hingga akhir Oktober mendatang.
“Keseluruhan dana Dinsosnakertrans yang dimiliki sekarang ini sebesar Rp 365 juta, sehingga bila nantinya musim kemarau masih terjadi, akan dilakukan pengajuan tambahan anggaran untuk penanganan kekeringan,” imbuhnya.
Jumlah sasaran droping air tahun 2010 lanjutnya, berkurang sekitar 6 titik. Hal ini disebabkan sudah teraliri jaringan pipanisasi. Lokasi yang sudah tidak menjadi sasaran droping ini 4 titik di Jepitu Tepus dan 2 titik di Hargosari Tanjungsari.
“Namun demikian, tiap minggu akan dilakukan evaluasi pelaksanaan droping. Artinya sejauh mana efektivitas droping, hal ini berkait dengan masih perlu digeser atau tidak sasarannya dan juga mengevaluasi jika ada laporan masih terjadinya kesulitan air di wilayah yang sudah tidak menjadi sasaran,” pungkasnya. (R-2)

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Artikel Terkait:

Silahkan Kunjungi Blog Kami Yang Lainnya

Klik Gambar di bawah ini

0 comments

Tulis Komentar Anda Di Bawah Ini