Pantai Bantul Potensial Dijadikan Lahan Cabe

BANTUL (KRjogja.com) - Lahan pantai di Kabupaten Bantul potensial ditanami bawang merah juga potensial ditanami cabe. Bantul memiliki lahan pasir di pesisir pantai selatan seluas 1.100 hektare, 600 hektare diantaranya akan diarahkan dan dikembangkan sebagai lahan konservasi pantai.
"Lahan yang potensial itu berada pada lahan pasir pantai di kawasan pesisir pantai selatan. Sedangkan lahan pasir sisanya seluas 500 hektare, akan dikembangkan menjadi lahan subur yang potensial untuk digunakan sebagai lahan pertanian" kata Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Bantul Edy Suhariyanta di Bantul, Rabu (11/8).

Edy mengatakan dari 500 hektare tersebut, baru 140 hektare telah menjadi produktif dan potensial sebagai lahan pertanian, karena sudah dilakukan reklamasi dan penyuburan lahan. "Sementara sisanya 360 hektare masih diperlukan reklamasi sehingga nantinya akan menjadi lahan yang subur dan siap untuk budidaya pertanian," katanya.

Ia mengatakan pertanian di lahan pasir subur tersebut yang saat ini sedang berlangsung adalah bawang merah karena sesuai musim, bahkan saat ini kondisi tengah bagus-bagusnya. "Saat ini tanaman bawang merah di lahan itu sebagian besar sudah berumur sekitar 40 hari, sementara usia panen 60 hari, sehingga setelah panen kemungkinan akan ditanami cabe," katanya.

Menurut dia, petani lebih memilih jenis tanaman cabe dan bawang merah karena mempertimbangkan harga jualnya yang bernilai tinggi, sehingga lahan pasir itu potensial dan produktif ditanami kedua tanaman jenis holtikultura tersebut.

Ia menambahkan, sebenarnya dilahan pasir itu masih bisa ditanami jenis-jenis sayuran, palawija seperti jagung, kacang hijau dan lainnya, namun petani akan kesulitan dalam pengairan. "Nilai harga jual hasil tanaman ini tidak seimbang dengan biaya operasional yang dikeluarkan, karena harus menggunakan pompa yang biayanya cukup mahal, sehingga yang dihasilkan tidak setimpal," katanya. (Ant/Van)

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Artikel Terkait:

Silahkan Kunjungi Blog Kami Yang Lainnya

Klik Gambar di bawah ini

0 comments

Tulis Komentar Anda Di Bawah Ini