Pasar Imogiri Bakal Jadi Wisata Batik

Ilustrasi (Foto : Dok)
YOGYA (KRjogja.com) - Pasar Imogiri  Bantul akan disiapkan menjadi Pasar Wisata Batik. Selain merupakan sambungan dari museum lingkungan Imogiri, pasar ini difungsikan pula
untuk mengembalikan pasar di Bantul sebagai tempat untuk menjual batik dari para pengrajin batik didaerah tersebut.

"Pada zaman dulu, pasar-pasar di Bantul memang banyak digunakan sebagai sentra industri batik. Inilah yang akan kita kembangkan lagi saat ini dan program ini menjadi model untuk
mengembalikan batik di pasar karena keberadaan pasar wisata batik untuk mempertahankan batik ini sangat mendesak," ujar Ketua Umum Paguyuban Batik Indonesia Sekar Jagad, Larasati Suliantoro Sulaiman di Yogyakarta, Minggu (29/8).

Menurutnya, setelah terjadi gempa di Bantul, Pasar Imogiri yang hancur sempat direnovasi oleh Bupati Bantul pada masa itu. Pasar Imogiri dibuat lebih modern meskipun tetap dengan konsep tradisional dengan nama Pasar Imogiri baru. Dan, disana digunakan sebagai salah satu sentra wista bati.

"Namun sampai sekarang saya belum berani melaunchingnya, karena belum ada yang mau menjadi
penanggungjawab. Padahal sebenarnya kalau pengrajin batiknya sudah banyak yang bersedia,'' katanya.

Dia menambahkan, pada beberapa waktu lalu mudah  mencari batik tulis di pasar Bantul seperti Pasar Gumulon, Pasar Simboyan hingga Pasar Mangiran dan lainnya.

"Namun lama-lama batik tulis di pasar tersebut hilang dan berganti dengan batik printing. Kini makin sulit untuk mencari batik tulis disana," imbuhnya. (Ran)

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Artikel Terkait:

Silahkan Kunjungi Blog Kami Yang Lainnya

Klik Gambar di bawah ini

0 comments

Tulis Komentar Anda Di Bawah Ini