Rutan Wirogunan Selenggarakan Bebas Besuk Saat Lebaran

Ilustrasi. (Foto : Dok)
YOGYA (KRjogja.com) - Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas II A, Wirogunan, Yogyakarta rencananya akan memberikan kesempatan kepada para keluarga untuk menjenguk tahanan dan narapidana (napi) di rutan pada hari raya Idul Fitri 1431 H besok. Pihak rutan selama tiga hari yakni pada tanggal 12, 13 dan 14 September 2010 akan memberikan kemudahan bebas kunjungan dalam rutan bagi keluarga.
“Ini merupakan hak bagi para tahanan dan napi untuk dapat dijenguk keluarganya saat hari besar keaamaan. Kami lakukan ini agar silaturahmi antara keluarga dan para tahanan dapat terjalin,” kata Kepala Sub Bidang (Kasubid) Pelayanan Tahanan Rutan kelas II A, Wirogunan, Yogyakarta, Teguh Suroco di Yogyakarta, Jumat (27/8).
Dikatakannya, pihak rutan menyiapkan beberapa fasilitas bagi keluarga tahanan dan napi dalam kesempatan bebas besuk bebas hari lebaran besok. Pihak rutan akan menyediakan kursi di ruang yang luas bagi pembesuk dengan suasana yang nyaman.
“Kita beri keleluasaan untuk menjenguk bagi para keluarga. Namun demikian, kita tetap menerapkan prosedur yang telah ditetapkan, seperti pengawasan barang bawaan dan penggeledahan. Selain itu, pangamanan di rutan juga kami tingkatkan,” tambahnya.
Teguh mengatakan, ada beberapa prosedur yang harus dilakukan keluarga dalam melakukan besuk bebas tersebut. Sebelum menjenguk, keluarga harus melakukan pendaftaran di pos pendaftaran dengan meninggalkan identitas.
“Pendaftaran akan dibuka dari pukul 08.00 hingga 13.00 WIB, jumlah keluarga yang menjenguk tidak kami batasi. Setiap keluarga mendapat kesempatan bertemu dengan tahanan dan napi selama 20 menit,” terangnya.
Ditambahkannya, pihak rutan baru akan menutup pintu gerbang hingga penjenguk terakhir selesai membesuk tahanan. “Kami memberi kesempatan besuk bebas dalam tiga hari berturut-turut. Jadi, bagi keluarga yang sekarang membesuk, besok dan lusa tetap diperbolehkan menjenguk kembali,” tegasnya. (Ant/Van)

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Artikel Terkait:

Silahkan Kunjungi Blog Kami Yang Lainnya

Klik Gambar di bawah ini

0 comments

Tulis Komentar Anda Di Bawah Ini