Stasiun Wates Siap Kedatangan 2.500 Orang Pemudik

Ilustrasi. (Foto : Dok)

KULONPROGO (KRjogja.com) - Puncak arus mudik Lebaran 2010 di Stasiun Kereta Api Wates, Kabupaten Kulonprogo, diperkirakan terjadi pada H-1 Lebaran. Pihak stasiun juga memperkirakan, setidaknya sebanyak 2.500 penumpang akan turun di stasiun kecil ini.

"Penumpang yang akan turun di stasiun ini berasal dari Bandung, Jakarta, Surabaya, Jember, dan Kediri. Pemudik didominasi penumpang menggunakan kereta api (KA) kelas ekonomi," kata Kepala Stasiun Wates Parjiyanto di Wates, Kamis (12/8).

Parjiyanto mengatakan Stasiun Wates telah berkoordinasi dengan Kepolisian Resor Kulonprogo untuk mengantisipasi puncak arus mudik Lebaran 2010. Nantinya di stasiun ini akan didirikan Posko Pengamanan Lebaran 2010.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan seluruh intansi untuk menghadapi arus mudik Lebaran 2010. Salah satunya dengan Polres Kulon Progo karena rencananya di stasiun akan didirikan posko pengamanan gabungan dari kepolisian, PMI, pramuka, Dinas Kesehatan, dan organisasi kemasyarakatan," katanya.

Ia mengatakan kalangan penumpang saat ini sudah ada yang memesan tiket untuk hari ketiga dan keempat usai Lebaran 2010 namun tidak dilayani. Tiket Lebaran H+2 sudah mulai terjual. "Meski jumlah pemesan tiket belum signifikan, tiket kereta bisnis untuk Lebaran H+2 sudah terjual sekitar 50 tiket, sementara pemesanan tiket H+3 dan H+4 Lebaran 2010 belum bisa kami layani," katanya.

Harga tiket KA bisnis, katanya, mengalami kenaikan dari sebelumnya Rp100 ribu per penumpang menjadi Rp180 ribu per penumpang, sedangkan tiket KA ekonomi tidak ada kenaikan. Harga tiket KA Progo kelas ekonomi tujuan Yogyakarta-Purwokerto-Jakarta, Purwokerto, Cirebon, dan Pasar Senen untuk dewasa Rp28 ribu dan anak Rp22 ribu. Tiket KA ekonomi Logawa jurusan Kroya, Cilacap, dan Purwokerto sebesar Rp20 ribu.

Dia mengatakan KA dari Stasiun Wates tujuan Bandung ada dua kereta, yakni KA Pasundan tujuan Banjar dan Tasikmalaya dengan tiket dewasa Rp21 ribu dan anak-anak Rp17 ribu serta tujuan Kiaracondong harga tiket dewasa Rp26 ribu dan anak-anak Rp21 ribu.

Harga tiket KA ekonomi Kahuripan tujuan Banjar Tasikmalaya untuk dewasa Rp21 ribu dan anak-anak Rp17 ribu, sedangkan harga tiket tujuan Padalarang Rp26 ribu. "Harga tiket yang naik hanya KA Bisnis Fajar Utama dan Senja Utama. Harga tiket KA ekonomi tidak ada kenaikan," katanya.

Ia mengatakan PT KA akan menyediakan kereta tambahan untuk mengatasi lonjakan penumpang arus balik Lebaran 2010. "Biasanya penumpang yang tidak terangkut KA awal diikutkan KA sejenis berikutnya dengan tujuan sama. Tetapi kalau belum mampu mengatasi lonjakan arus balik maka akan ada tambahan kereta ekonomi," katanya. (Ant/Van)

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Artikel Terkait:

Silahkan Kunjungi Blog Kami Yang Lainnya

Klik Gambar di bawah ini

0 comments

Tulis Komentar Anda Di Bawah Ini