Taraweh Hari pertama di Masjid Gedhe Yogyakarta Tanpa Sultan

Suasana Shalat Taraweh malam pertama Bulan Ramadhan di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta. Foto: Ardhi Wahdan

YOGYA (KRjogja.com) - Shalat taraweh hari pertama memasuki Bulan Ramadhan (10/8) malam di masjid-masjid di Kota Yogyakarta nampak dipenuhi oleh jamaah. Tak terkecuali Masjid Kesultanan Yogyakarta, Masjid Gedhe Kauman yang juga dibanjiri oleh umat Muslim.

Raja Keraton Yogyakarta yang juga Gubernur DIY, Sri Sultan HB X sebelumnya dijadwalkan untuk mengawali Shalat Taraweh bersama para jamaah di Masjid Gedhe ini. Namun, karena ada tugas pemerintahan di Jakarta, maka beliau meminta kepada kerabat keraton lain untuk menggantikannya, yakni GBPH Joyokusumo.

Kendati tanpa Sultan, masyarakat Muslim Yogyakarta yang melaksanakan Shalat Taraweh di masjid ini tetap menjalankan kewajibannya dengan khusyu. Sementara GBPH Joyokusumo meminta kepada jamaah untuk benar-benar mempergunakan Bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya.

"Kami mewakili Keraton Yogyakarta mohon maaf karena Sultan siang tadi harus kembali ke Jakarta sehingga tidak bisa menemani jamaah di sini. Namun, mari kita terus memakmurkan masjid di Bulan Suci ini agar kualitas diri kita menjadi sempurna," ungkap GBPH Joyokusumo ketika menyampaikan tausyiah di sela Shalat Taraweh.

Joyokusumo pun berharap, peningkatan kualitas tersebut dapat benar-benar terwujud hingga akhir Ramadhan nanti. Sehingga, permasalahan hidup yang semakin kompleks ini pun dapat dijalani dengan baik. "Untuk itulah butuh keikhlasan dalam menjalankan segala ibadah dalam bulan penuh berkah ini," imbuhnya.

Di Masjid Raya Yogyakarta ini, setiap hari selama Bulan Ramadhan juga diadakan pengajian ta'jil jelang Buka Puasa. Lebih dari 600 bungkus menu Buka Puasa disediakan secara gratis bagi para jamaah setiap hari. Khusus untuk Hari Kamis, panitia Ramadhan menyediakan 700 menu Buka Puasa.

"Dana yang kita butuhkan selama Bulan Ramadhan ini lebih dari Rp 150 juta. Alhamdulillah, setiap akhir Ramadhan, kebutuhan dana selalu tercukupi. Semoga, tahun ini juga demikian," ungkap Ketua Takmir Masjid Kauman, Budi Setiawan. (Dhi)

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Artikel Terkait:

Silahkan Kunjungi Blog Kami Yang Lainnya

Klik Gambar di bawah ini

0 comments

Tulis Komentar Anda Di Bawah Ini