Abu Vulkanik Merapi Rusak 4 Juta Lebih Tanaman Salak Pondoh

Salak pondoh, komoditi andalan Sleman. (Foto : Ivan Aditya)
YOGYA (KRjogja.com) - Erupsi Merapi setidaknya telah merusak 4.901.874 rumpun pohon salak yang ada di kawasan lereng gunung tersebut, khususnya di wilayah Sleman. Kerusakan yang terjadi terhadap tanaman buah komoditi andalan Sleman ini kebanyakan disebabkan karena terkena abu vulkanik Merapi.
"Untuk salak yang mengalami kerusakan cukup berat mencapai 3.400.388 pohon, kerusakan sedang mencapai 992.531 pohon dan kerusakan ringan 7.484 pohon," ungkap Kepala Dinas Pertanian DIY, Ir Nanang Suwandi di media center Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Yogyakarta, Senin (22/11).
Nanang mengatakan, selain kerusakan pada pohon salak, abu vulkanik juga ikut mempengaruhi kerusakan pada tanaman hias, jamur dan tanaman pangan lain. Namun dari kesekian tanaman pertanian, tanaman pangan cukup mengalami kerusakan yang serius.
"Untuk tanaman pangan seperti padi telah tercatat 52 hektar padi mengalami puso. Sedangkan kerusakan ringan terjadi pada 1.591 hektar lahan, kerusakan berat pada 123 hektar lahan dan yang terkena dampaknya sekitar 1.766 hektar," jelasnya.
Pihaknya mengaku tengah melakukan berbagai upaya untuk mengembalikan potensi pertanian korban Merapi. Selain memberikan beberapa bantuan, dilakukan pula identifikasi dan perbaikan tanaman pertanian yang masih bisa diselamatkan. (Ran)

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Artikel Terkait:

Silahkan Kunjungi Blog Kami Yang Lainnya

Klik Gambar di bawah ini

0 comments

Tulis Komentar Anda Di Bawah Ini