Keluhkan KTP/KK Gratis, Janaloka Temui Bupati

Peguyuban dukuh berdialog dengan bupati. (Foto : Dedy EW)
WONOSARI (KRjogja.com) - Sekitar 30 anggota Paguyuban Dukuh Janaloka bertemu dengan Bupati Gunungkidul Hj Badingah SSos di ruang rapat bupati, Senin (7/3). Mereka mengeluhkan lounching KTP dan KK gratis mulai Januari 2011 serta peraturan denda. Karena dengan diberlakukannya aturan tersebut, otomatis menghilangkan sumbangan sukarela padahal membutuhkan biaya penyediaan cap, kertas.
“Aturan denda yang merupakan pengganti biaya cetak tidak relefan. Bukan mendidik masyarakat taat, malah memberi peluang pungli di tingkat Catatan Sipil maupun Kecamatan,” jelas Ketua Paguyuban Dukuh Janaloka Sutiyono.
Dengan program KTP/KK gratis lanjutnya, maka tidak dipungut biaya dari tingkat RT/RW, dukuh, desa sampai tingkat kecamatan. Dijalankannya Perbup dan Surat Edaran Sekda tanpa sosialiasi di masyarakat hanya berdasarkan lounching malam tahun baru menimbulkan keresahan di masyarakat.
Mengakibatkan terjadinya benturan antara RT/RW, dukuh maupun kepala desa. Sehingga surat edaran mengurangi pendapatan asli desa yang selama ini sudah berjalan dengan baik. “Permasalahan bukan biaya tetapi lamanya pembuatan KTP/KK maupun akte kelahiran sebab sampai satu minggu lebih baru jadi,” ujarnya.
Surat edaran sekda No 470/0106 per 20 Januari 2011 lanjutnya, juga telah melampaui peraturan di atasnya yakni Perda maka perlu untuk diteliti ulang dan segera ada pembenahan serta pembetulan surat edaran. Mohon agar dikembalikan seperti semula dan justru agar meningkatkan pelayanan lebih profesional sesuai keinginan masyarakat bawah.
Pengurusan akte kelahiran yang terlambat terlalu berlebihan dengan perlu adanya sidang di pengadilan. Padahal banyak warga miskin dan rumahnya jauh, sehingga berat untuk mengikuti aturan tersebut.
Menanggapi masukan dukuh tersebut, Hj Badingah SSos menyampaikan apresiasi dan akan membawa keluhan untuk dibahas pemerintah daerah. “Hasil pembahasan akan di sampaikan melalui instansi terkait,” tukasnya. (R-2)

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Artikel Terkait:

Silahkan Kunjungi Blog Kami Yang Lainnya

Klik Gambar di bawah ini

1 comments

Tulis Komentar Anda Di Bawah Ini