Ditemukan Obat Kadaluwarsa di Poskodes

KULONPROGO (KRjogja.com) - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerbang Desa 88 menemukan peredaran obat kedaluwarsa di Pos Kesehatan Desa Hargotirto, Kokap, Kulonprogo. Menurutnya, hal itu cukup membahayakan pasien.
"Kami menemukan obat-obatan yang sudah kedaluwarsa, yang sudah habis masa berlaku penggunaannya pada Maret 2010 namun masih ditaruh di menja periksa dan tidak segera ditarik oleh Dinas Kesehatan," kata Ketua Koordinator Gerbang Desa 88 Kulonprogo, Agustinus Widya Setiawan di Wates, Jumat (27/8).
Ia juga mengritisi jasa pelayanan kesehatan yang tidak memenuhi lima unsur yakni Ramah, Rasa, Resik, Rego dan Rutinitas. Misalnya, pelayanan yang diberikan Poskedes tidak maksimal, karena pelayanan kesehatan dalam satu minggu paling banyak hanya empat kali buka, padahal masyarakat membutuhkan pelayanan kesehatan selama 24 jam. "Penempatan poskedes terkesan dipaksakan dan sekedar pemenuhan proyek saja," katanya.
Menurut dia, pembangunan sarana prasarana seperti penempatan lokasi Puskesmas, Puskesmas Pembantu (Pustu), dan Poskedes terjadi tumpang tindih. Dicontohkan, Poskedes Hargotirto, Kecamatan Kokap berdekatan dengan Puskemas Pembantu Kokap II Menganti dan satu kawasan dengan Puskesmas II Kokap.
"Pembangunan Poskedes, Pustu dan Puskesmas tidak memperhatikan jangkauan dan sarana serta tujuan didirikannya balai pengobatan bagi masyarakat," katanya.
Ia mengatakan, buruknya layanan kesehatan, bidan yang tidak kompeten dan juru rawat dan mantri kesehatan yang tidak profesional menyebabkan rendahnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pusat pelayanan kesehata milik pemerintah.
"Masyarakat kurang puas dari proses pengobatan dan pelayanan. Padahal kunci sukses sebuat tempat pelayanan kesehatan masyakat adalah tingkat kepercayaan pasien. Kepercayaan merupakan 50 persen bagian dari penyembuhan," katanya. (Ant/Van)

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Artikel Terkait:

Silahkan Kunjungi Blog Kami Yang Lainnya

Klik Gambar di bawah ini

0 comments

Tulis Komentar Anda Di Bawah Ini