Lahan Bawang Merah di Bantul Menyusut

Ilustrasi. (Foto : Dok)

BANTUL (KRjogja.com) - Luas tanaman bawang merah di Kabupaten Bantul pada tahun ini menurun jika dibanding dengan luas tanaman bawang merah pada tahun sebelumnya. Penurunan luas tanaman bawang merah di kabupaten ini di karenakan ketersediaan benih yang terganggu akibat iklim yang tidak menentu yang terjadi pada tahun ini sehingga mempengaruhi musim tanam berikutnya.

"Tanam bawang merah pada tahun ini seluas 1.422 hektare, sedangkan pada tahun sebelumnya rata-rata seluas 1.700 hektare per tahun," kata Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dispertahut) Bantul, Edy Suhariyanta di Bantul, Jumat (13/8).

Edy mengatakan, musim tanam bawang merah di Bantul setiap tahun terjadi pada dua musim yaitu tanam pertama terjadi pada Maret-April dan musim tanam kedua pada Agustus-September. "Pada musim tanam pertama tahun ini terjadi curah hujan yang tinggi pada saat panen, sehingga menyebabkan berkurangnya calon benih yang dapat diselamatkan untuk stok benih pada musim tanam kedua," katanya.

Ia menyebutkan, pada musim tanam pertama luas tanaman bawang merah biasanya seluas 800 hektare sedangkan musim tanam kedua seluas 900 hektare, namun tahun ini baik musim tanam pertama dan kedua mengalami penurunan. "Akibat pengaruh cuaca luas tanam pertama bawang merah seluas 797 hektare, menyebabkan realisasi pada musim tanam kedua hingga pertengahan Agustus ini hanya mencapai 625 hektare," katanya.

Menurut Edy, fluktuasi luas tanam bawang merah sangat dipengaruhi siklus benih, karena jika hasil panen baik dan maka petani akan menjual dalam jumlah banyak sehingga menyebabkan kerawanan stok benih untuk musim tanam berikutnya.

Selain itu, kata dia, jika hasil panen buruk akibat cuaca terlalu basah berakibat kualitas hasil panen tidak baik. Hal ini menyebabkan lebih sedikit calon benih yang bisa disimpan. "Pada agribisnis bawang merah ini memang selalu menemui kendala menimbulkan kerawanan stok benih baik akibat harga jual tinggi maupun hasil panen buruk," katanya. (Ant/Van)

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Artikel Terkait:

Silahkan Kunjungi Blog Kami Yang Lainnya

Klik Gambar di bawah ini

0 comments

Tulis Komentar Anda Di Bawah Ini