Tak Melaut, Nelayan Terima Beras

Nelayan terpaksa lego jangkar akibat paceklik (Foto: Agus Waluyo)
WONOSARI (KRjogja.com) - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul akan membagikan 33,6 ton beras bagi 1.200 kepala keluarga (KK) nelayan sebagai bentuk kompensasi karena memasuki musim paceklik dan setiap KK  mendapat 28 kilogram beras.

Hal itu ditegaskan Asisten Sekda II Bidang Pembangunan dan Perekonomian Gunungkidul, Budi Martono kepada KRjogja.com, Minggu (3/4). Menurutnya kepastian berdasarkan koordinasi antara pemkab dengan Pemprop dan Bulog DIY. Sedangkan beras berasal dari cadangan beras pemerintah.

"Persetujuan bantuan beras udah tidak ada masalah tinggal menindaklanjuti permohonan ke Bulog DIY. Berdasarkan pendataan ada 1.200 KK dan selama 14 hari akan menerima 28 kilogram atau 0,4 kilogram per hari," katanya.

Secara terpisah, Ketua Kelompok Nelayan Pantai Gesing, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang Tugimin merespons positf kebijakan ini dan sudah diminta untuk medata jumlah nelayan yang ada . Sedangkan jumlah nelayan baik yang menggunakan perahu maupun nelayan krendet sebanyak 223 Kepala Keluarga.

Tugimin mengaku musim paceklik selama 2010/2011 paling lama dan parah sehingga harus meninggalkan profesinya. Padahal, untuk melaut nelayan mengandalkan utang kepada pemilik kapal bahkan rentenir. (Awa)

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Artikel Terkait:

Silahkan Kunjungi Blog Kami Yang Lainnya

Klik Gambar di bawah ini

0 comments

Tulis Komentar Anda Di Bawah Ini